Business Plan Product Salad Buah Bekasi
“
Business Plan Product Salad Buah Bekasi “
1. Executive
Summary ( Ringkasan Eksekutif )
Salad buah adalah makanan
alternatif yang menyehatkan. Bahkan mengkomsumsi salad buah dapat mencegah dan
mengobati bebrapa jenis penyakit dikarenakan dalam sayuran dan buah kaya akan
nutrisi, kandungam gizi. Mengandung serat tinggi, vitamin serta mineral yang
sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Visi menciptakan usaha salad buah ialah menjadikan
sebagai usaha terkenal dengan rasa yang bervariasi untuk memuaskan para
konsumen. Misi menciptakan salad buah ialah mengutamakan kualiatas dalam
pelayanan, berorientasi kepada kepuasan konsumen, mengutamakan kualitas terbaik
untuk bahan-bahan yang digunakan serta mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam
produk maupun pelayanan.
2. Company Description
( Deskripsi Perusahaan )
Salad buah
bekasi ialah salad buah yang dimasukan dalam gelas cup yang dapat dijadikan
camilan bergizi. Salad buah bekasi termasuk
usaha kecil yang akan di jual di jl. Haji hamdani no 06 kaliabang tengah bekasi
serta dijual di media sosial seperti facebook dan instragram dengan nama jual “
SALAD BUAH BEKASI “ . Salad buah ini dapat dinikmati oleh semua kalangan karena bahan
yang digunakan tidak mengandung pengawet akan tetapi sangat menyehatkan bagi
yang mengkomsumsinya dikarenakan berisi buah-buahan yang segar dan bergizi.
3.
Service & Product ( Pelayanan dan
Produk )
Pelayanan
yang diberikan ialah selalu cepat dalam melayani pembeli serta ramah kepada
pembeli seperti dengan memberikan penjelasan sedetail mungkin kepada pembeli
baik secara langsung maupun chatting mengenai produk salad buah yang
ditawarkan.
Produk
yang dijual merupakan produk cemilan yang berisi banyak buah yang sehat dan
bergizi dengan disiram saus mayones dan yogurt yang memiliki citra rasa asam yang
menyegarkan serta menyehatkan. Bahan-bahan yang digunakan dibeli langsung
distore buah-buahan tentu dengan memilih buah-buah terbaik dan masih segar
untuk dibuat salad buah agar hasil yang diharapkan sesuai dengan harapan serta
menggunakan alat kerja yang sebersih mungkin, karena setiap makanan yang diolah
dengan baik dan bersih maka hasilnya akan lebih terlihat indah, lebih sehat dan
terjamin kualitasnya.
Proses
pembuatan salad buah ialah dengan mencuci buah-buahan terlebih dahalu kemudian
buah-buahan tersebut dikupas kulit buahnya dan di potong-potong dengan bentuk
yang semenarik mungkin. Langkah selanjutnya pembuatan saus salad buah dengan
saus mayones dan yougrt yang memiliki citra rasa yang menyegarkan tentu dalam pembuatan
saus salad buah terdiri juga beberapa bahan-bahan khusus dari produk salad buah
bekasi yang tentu memiliki perbedaan rasa dengan salad buah yang lainnya.
Langkah selanjutnya meletakan buah-buah yang sudah dipotong kedalam cup yang
sudah ditentukan kemudian siram buah-buah tersebut dengan saus yang sudah
dibuat dan taburkan parutan keju untuk mempercantik penampilan salad buah.
4. Market
Analiysis ( Analisis Pasar )
Aktivitas yang semakin padat membuat orang banyak
membutuhkan asupan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya
makanan yang sehat dan aman untuk dikomsumsi adalah salad, baik salad sayur
maupun salad buah. Kekuatan dari salad buah ini adalah dapat dirasakan oleh
seluruh kalangan dan seluruh lapisan masyarakat sehingga siapapun dapat membeli
salad buah ini serta salad buah dapat dikomsumsi setiap hari karena menyehatkan
bagi tubuh yang mengkomsumsinya dan pemesana dapat dilakukan secara online
sehingga dapat menjangkau konsumen yang jauh dari lokasi untuk membeli salad
buah ini.
5.
Competitor and Bechmarks ( Pesaing )
Produk salad buah bekasi
yang didirikan memilkiki adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang
lebih murah. Saya mengantisipasi ancaman itu dengan selalu mencari inovasi pada
produk saya yaitu dari segi rasa pada saus yogurtnya dan yang paling utamanya
adalah kebersihan pada produk baik saat memilih bahan yang digunakan maupun
pada saat mengolahnya. Berikut penjelasan lebih rinci mengenai perbandingan
dengan salad buah yang lainnya :
No
|
Point Penilaian
|
A
|
B
|
C
|
1.
|
Target konsumen
|
Semua kalangan
|
Semua kalangan
|
Semua kalangan
|
2.
|
Harga Jual
|
15000-75000
|
10000-35000
|
15000-55000
|
c
|
Lokasi
|
Bekasi Utara
|
Bekasi Utara
|
Rumah
|
4.
|
Sistem Pemasaran
|
Brosur
|
store
|
Store
|
5.
|
Keunggulan
|
Banyak varian buah, bersih
|
Murah, bersih
|
Menarik, bersih
|
6.
Marketing plan/ Strategy
( Rencana Pemasaran )
· Produk:
Produk
yang akan dijual adalah “ salad buah”. Salad bauah merupakan makanan
atau cemilan yang pastinya memberi beberapa manfaat pada setiap konsumennya.
· Harga :
Harga
yang ditawarkan berbeda beda karena ditempakan pada wadah ukuran yang
berbeda-beda. Harga yang ditawarkan ialah Salad buah ukuran 300 ml dengan harga
Rp 12.000, Salad buah ukuran 600 ml dengan harga Rp 25.000 danSalad buah ukuran
1000 ml dengan harga Rp 45.000
· Promosi:
Rencana pemasaran yang
akan dilakukan ialah dengan menjual secara langsung yang dijual dirumah serta
di sosial media seperti facebook dan instagram. Pengantaran pemesan yang
dilakukan oleh pembeli pada sosial media dilakukan dengan pengiriman pada aplikasi
gojek dan grab serta memberikan promosi seperti jika pembellian 3 cup salad
buah ukuran 1000 ml gratis 1 cup salad buah 300 ml.
· Tempat :
Tempat yang dipilih ialah
rumah sendiri yang belokasi di jl. Haji hamdani no:06 kaliabang tengah bekasi
utara. Hal ini dikarenakan belum memiliki modal yang cukup untuk menyewa store atau toko.
7.
Organization and
management
Usaha yang didirikan merupakan usah
sendiri tanpa membuka cabang di tempat lain. Kelebihan produk salad buah yang
dibuat ialah memiliki berbagai bentuk yang unik atau bervariasi pada
buah-buahnya, memiliki rasa asam manis yang sangat menyegarkan, bahan-bahan
produk yang dipilih higenis dan tanpa bahan pengawet, memakan salad buah akan
mendapatkan serat yang baik untuk tubuh, buah yang digunakan selalu buah yang
masih segar dan memakan salad buah setiap hari memberikan banyak nutrisi ke sel
tubuh kita.
8. Finansial
Modal yang digunakan menggunakan modal pribadi baik
dari uang sendiri dan orang tua, dimana modal terdiri beberpa biaya sebagai
berikut :
- Biaya Tetap Produk Salad Buah
No
|
Nama Barang
|
Jumlah
|
Biaya Satuan
|
Total Biaya
|
1.
|
Pisau buah
|
1
|
Rp. 15.000
|
Rp. 15.000
|
2.
|
Baskom kecil
|
2
|
Rp. 13.000
|
Rp. 26.000
|
3.
|
Sendok
|
2
|
Rp. 3000
|
Rp. 6000
|
4.
|
Blender
|
1
|
Rp. 285.000
|
Rp. 285.000
|
5.
|
Parutan keju
|
1
|
Rp. 4000
|
Rp. 4000
|
6.
|
Gunting
|
1
|
Rp. 12.000
|
Rp. 12.000
|
7.
|
Perasan lomon
|
1
|
Rp. 14.000
|
Rp. 14.000
|
TOTAL BIAYA TETAP
|
Rp. 362.000
|
·
Biaya Variabel Produk Salad Buah
No
|
Nama
Barang
|
Jumlah
|
Biaya
Satuan
|
Total
Biaya
|
1.
|
Apel
|
½ kg
|
Rp. 19.000
|
Rp. 19.000
|
2.
|
Anggur
|
½ kg
|
Rp. 17.000
|
Rp. 17.000
|
3.
|
Kelengkeng
|
½ kg
|
Rp. 20.000
|
Rp. 20.000
|
4.
|
Kiwi
|
½ kg
|
Rp. 41.000
|
Rp. 41.000
|
5.
|
Melon
|
1 kg
|
Rp. 15.000
|
Rp. 15.000
|
6.
|
Strawbery
|
1 pack
|
Rp. 15.000
|
Rp. 15.000
|
7.
|
Pepaya
|
1 kg
|
Rp. 10.000
|
Rp. 10.000
|
8.
|
Jeruk
|
½ kg
|
Rp. 14.000
|
Rp. 14.000
|
9.
|
Nata de coco
|
1 kg
|
Rp. 13.000
|
Rp. 13.000
|
10.
|
Buah naga
|
½ kg
|
Rp.13.000
|
Rp.13.000
|
11.
|
Lemon
|
½ kg
|
Rp. 18.000
|
Rp. 18.000
|
12.
|
Keju
|
175 gr
|
Rp. 13.000
|
Rp. 13.000
|
13.
|
Mayones
|
1 kg
|
Rp. 26.000
|
Rp. 26.000
|
14.
|
Yougrt
|
4 buah
|
Rp. 8.500
|
Rp. 34.000
|
15.
|
Susu
|
2 kaleng
|
Rp. 18.000
|
Rp. 18.000
|
16.
|
Cup plastik ukuran 300 ml, 600 ml dan 1000 ml
|
100 buah
|
Rp. 40.000
|
Rp. 40.000
|
17.
|
Sendok mini plastik
|
100 buah
|
Rp. 20.000
|
Rp. 20.000
|
18.
|
Plastik kecil
|
1 ikat
|
Rp. 9000
|
Rp. 9000
|
TOTAL
BIAYA VARIABEL
|
Rp.
355.000
|
Biaya
Total = Biaya Variabel + Biaya tetap
= Rp. 355.000 + Rp. 362.000
= Rp. 717.000
Biaya
Tetap 1 kali produksi
= biaya tetap : jumlah produksi
= Rp. 362.000 : 20
= Rp 18.100
Total
biaya produksi per produksi
= biaya tetap 1 kali
produksi + biaya variabel
= Rp. 18.100 + Rp. 355.000
= Rp. 373.100
Biaya
per unit
= Total biaya per produksi
: jumlah produksi yang dihasilkan
= 373.100 : 20
= 18.655
Harga
jual per buah Rp. 25.000 untuk ukuran
600 ml
·
Untuk ukuran 300 ml dan 1000 ml diubah pada harga ukuran tempat dan jumlah
buah yang dibutuhkan
Break Event Point
Harga
= Total biaya
variabel untuk 1 kali produksi : produksi
= Rp. 355.000 : 20
= Rp. 17.750
Break
Event Point Produksi
=
Total biaya variabel untuk 1 kali produksi : harga per unit
= Rp. 355.000 : 25.000
= Rp. 15 buah / hari
untuk ukuran 600 ml
9. Closing
and contatcs
Pemesanan dapat dilakukan dengan datang
secara langsung ke lokasi yabg beralamat di jl. Haji hamdani no :06 kaliabang
tengah bekasi utara ataupun pemesanan lewat media sosial yang berada di
facebook dan instgram dengan nama jual “ SALAD BUAH BEKASI “. Jika ingin
bergabung untuk menjadi reseler saya dapat menghubungi saya sendiri melalui
whatsap, facebook, instgram dan email.
Komentar
Posting Komentar