Business Plan Product Salad Buah Bekasi



Business Plan Product Salad Buah Bekasi “


1.      Executive Summary ( Ringkasan Eksekutif )
  Salad buah adalah makanan alternatif yang menyehatkan. Bahkan mengkomsumsi salad buah dapat mencegah dan mengobati bebrapa jenis penyakit dikarenakan dalam sayuran dan buah kaya akan nutrisi, kandungam gizi. Mengandung serat tinggi, vitamin serta mineral yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Visi menciptakan usaha salad buah ialah menjadikan sebagai usaha terkenal dengan rasa yang bervariasi untuk memuaskan para konsumen. Misi menciptakan salad buah ialah mengutamakan kualiatas dalam pelayanan, berorientasi kepada kepuasan konsumen, mengutamakan kualitas terbaik untuk bahan-bahan yang digunakan serta mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun pelayanan.

2.     Company Description ( Deskripsi Perusahaan )
Salad buah bekasi ialah salad buah yang dimasukan dalam gelas cup yang dapat dijadikan camilan bergizi. Salad buah bekasi termasuk usaha kecil yang akan di jual di jl. Haji hamdani no 06 kaliabang tengah bekasi serta dijual di media sosial seperti facebook dan instragram dengan nama jual “ SALAD BUAH BEKASI “ . Salad buah ini dapat dinikmati oleh semua kalangan karena bahan yang digunakan tidak mengandung pengawet akan tetapi sangat menyehatkan bagi yang mengkomsumsinya dikarenakan berisi buah-buahan yang segar dan bergizi.

3.       Service & Product ( Pelayanan dan Produk )
Pelayanan yang diberikan ialah selalu cepat dalam melayani pembeli serta ramah kepada pembeli seperti dengan memberikan penjelasan sedetail mungkin kepada pembeli baik secara langsung maupun chatting mengenai produk salad buah yang ditawarkan.
Produk yang dijual merupakan produk cemilan yang berisi banyak buah yang sehat dan bergizi dengan disiram saus  mayones dan yogurt yang memiliki citra rasa asam yang menyegarkan serta menyehatkan. Bahan-bahan yang digunakan dibeli langsung distore buah-buahan tentu dengan memilih buah-buah terbaik dan masih segar untuk dibuat salad buah agar hasil yang diharapkan sesuai dengan harapan serta menggunakan alat kerja yang sebersih mungkin, karena setiap makanan yang diolah dengan baik dan bersih maka hasilnya akan lebih terlihat indah, lebih sehat dan terjamin kualitasnya.
Proses pembuatan salad buah ialah dengan mencuci buah-buahan terlebih dahalu kemudian buah-buahan tersebut dikupas kulit buahnya dan di potong-potong dengan bentuk yang semenarik mungkin. Langkah selanjutnya pembuatan saus salad buah dengan saus mayones dan  yougrt yang memiliki citra rasa yang menyegarkan tentu dalam pembuatan saus salad buah terdiri juga beberapa bahan-bahan khusus dari produk salad buah bekasi yang tentu memiliki perbedaan rasa dengan salad buah yang lainnya. Langkah selanjutnya meletakan buah-buah yang sudah dipotong kedalam cup yang sudah ditentukan kemudian siram buah-buah tersebut dengan saus yang sudah dibuat dan taburkan parutan keju untuk mempercantik penampilan salad buah.  

4.     Market Analiysis ( Analisis Pasar )
Aktivitas yang semakin padat membuat orang banyak membutuhkan asupan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya makanan yang sehat dan aman untuk dikomsumsi adalah salad, baik salad sayur maupun salad buah. Kekuatan dari salad buah ini adalah dapat dirasakan oleh seluruh kalangan dan seluruh lapisan masyarakat sehingga siapapun dapat membeli salad buah ini serta salad buah dapat dikomsumsi setiap hari karena menyehatkan bagi tubuh yang mengkomsumsinya dan pemesana dapat dilakukan secara online sehingga dapat menjangkau konsumen yang jauh dari lokasi untuk membeli salad buah ini.

5.     Competitor and Bechmarks ( Pesaing )
Produk salad buah bekasi yang didirikan memilkiki adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah. Saya mengantisipasi ancaman itu dengan selalu mencari inovasi pada produk saya yaitu dari segi rasa pada saus yogurtnya dan yang paling utamanya adalah kebersihan pada produk baik saat memilih bahan yang digunakan maupun pada saat mengolahnya. Berikut penjelasan lebih rinci mengenai perbandingan dengan salad buah yang lainnya :
No
Point Penilaian
A
B
C
1.
Target konsumen
Semua kalangan
Semua kalangan
Semua kalangan
2.
Harga Jual
15000-75000
10000-35000
15000-55000
c
Lokasi
Bekasi Utara
Bekasi Utara
Rumah
4.
Sistem Pemasaran
Brosur
store
Store
5.
Keunggulan
Banyak varian buah, bersih
Murah, bersih
Menarik, bersih

6.                 Marketing plan/ Strategy ( Rencana Pemasaran )
·        Produk:
      Produk yang akan dijual adalah “ salad buah”. Salad bauah merupakan makanan 
      atau cemilan yang pastinya memberi beberapa manfaat pada setiap konsumennya. 
·       Harga :
Harga yang ditawarkan berbeda beda karena ditempakan pada wadah ukuran yang berbeda-beda. Harga yang ditawarkan ialah Salad buah ukuran 300 ml dengan harga Rp 12.000, Salad buah ukuran 600 ml dengan harga Rp 25.000 danSalad buah ukuran 1000 ml dengan harga Rp 45.000
·        Promosi:
Rencana pemasaran yang akan dilakukan ialah dengan menjual secara langsung yang dijual dirumah serta di sosial media seperti facebook dan instagram. Pengantaran pemesan yang dilakukan oleh pembeli pada sosial media dilakukan dengan pengiriman pada aplikasi gojek dan grab serta memberikan promosi seperti jika pembellian 3 cup salad buah ukuran 1000 ml gratis 1 cup salad buah 300 ml.
·        Tempat :
Tempat yang dipilih ialah rumah sendiri yang belokasi di jl. Haji hamdani no:06 kaliabang tengah bekasi utara. Hal ini dikarenakan belum memiliki modal yang cukup untuk menyewa store atau toko.

7.                 Organization and management
Usaha yang didirikan merupakan usah sendiri tanpa membuka cabang di tempat lain. Kelebihan produk salad buah yang dibuat ialah memiliki berbagai bentuk yang unik atau bervariasi pada buah-buahnya, memiliki rasa asam manis yang sangat menyegarkan, bahan-bahan produk yang dipilih higenis dan tanpa bahan pengawet, memakan salad buah akan mendapatkan serat yang baik untuk tubuh, buah yang digunakan selalu buah yang masih segar dan memakan salad buah setiap hari memberikan banyak nutrisi ke sel tubuh kita.

8.     Finansial
Modal yang digunakan menggunakan modal pribadi baik dari uang sendiri dan orang tua, dimana modal terdiri beberpa biaya sebagai berikut :
  •   Biaya Tetap Produk Salad Buah

No
Nama Barang
Jumlah
Biaya Satuan
Total Biaya
1.
Pisau buah
1
Rp. 15.000
Rp. 15.000
2.
Baskom kecil
2
Rp. 13.000
Rp. 26.000
3.
Sendok
2
Rp. 3000
Rp. 6000
4.
Blender
1
Rp. 285.000
Rp. 285.000
5.
Parutan keju
1
Rp. 4000
Rp. 4000
6.
Gunting
1
Rp. 12.000
Rp. 12.000
7.
Perasan lomon
1
Rp. 14.000
Rp. 14.000
TOTAL BIAYA TETAP
Rp. 362.000







·      

 Biaya Variabel Produk Salad Buah
No
Nama Barang
Jumlah
Biaya Satuan
Total Biaya
1.
Apel
½ kg
Rp. 19.000
Rp. 19.000
2.
Anggur
½ kg
Rp. 17.000
Rp. 17.000
3.
Kelengkeng
½ kg
Rp. 20.000
Rp. 20.000
4.
Kiwi
½ kg
Rp. 41.000
Rp. 41.000
5.
Melon
1 kg
Rp. 15.000
Rp. 15.000
6.
Strawbery
1 pack
Rp. 15.000
Rp. 15.000
7.
Pepaya
1 kg
Rp. 10.000
Rp. 10.000
8.
Jeruk
½ kg
Rp. 14.000
Rp. 14.000
9.
Nata de coco
1 kg
Rp. 13.000
Rp. 13.000
10.
Buah naga
½ kg
Rp.13.000
Rp.13.000
11.
Lemon
½ kg
Rp. 18.000
Rp. 18.000
12.
Keju
175 gr
Rp. 13.000
Rp. 13.000
13.
Mayones
1 kg
Rp. 26.000
Rp. 26.000
14.
Yougrt
4 buah
Rp. 8.500
Rp. 34.000
15.
Susu
2 kaleng
Rp. 18.000
Rp. 18.000
16.
Cup plastik ukuran 300 ml, 600 ml dan 1000 ml

100 buah

Rp. 40.000

Rp. 40.000
17.
Sendok mini plastik
100 buah
Rp. 20.000
Rp. 20.000
18.
Plastik kecil
1 ikat
Rp. 9000
Rp. 9000
TOTAL BIAYA VARIABEL
Rp. 355.000

Biaya Total = Biaya Variabel + Biaya tetap
                    = Rp. 355.000 + Rp. 362.000
        = Rp. 717.000
Biaya Tetap 1 kali produksi
                     = biaya tetap : jumlah produksi
                     = Rp. 362.000  : 20
                     = Rp 18.100
Total biaya produksi per produksi
                     = biaya tetap 1 kali produksi + biaya variabel
                     = Rp. 18.100 + Rp. 355.000
                     = Rp.  373.100
Biaya per unit
                     = Total biaya per produksi : jumlah produksi yang dihasilkan
                     = 373.100 : 20
                     = 18.655
Harga jual per buah  Rp. 25.000 untuk ukuran 600 ml
·           Untuk ukuran 300 ml dan 1000 ml  diubah pada harga ukuran tempat dan jumlah buah yang dibutuhkan
 Break Event Point Harga
                       = Total biaya variabel untuk 1 kali produksi : produksi
                       = Rp. 355.000 : 20
                       = Rp. 17.750
Break Event Point Produksi
                       = Total biaya variabel untuk 1 kali produksi : harga per unit
                       = Rp. 355.000 : 25.000
                        = Rp. 15 buah / hari untuk ukuran 600 ml
9.     Closing and contatcs
Pemesanan dapat dilakukan dengan datang secara langsung ke lokasi yabg beralamat di jl. Haji hamdani no :06 kaliabang tengah bekasi utara ataupun pemesanan lewat media sosial yang berada di facebook dan instgram dengan nama jual “ SALAD BUAH BEKASI “. Jika ingin bergabung untuk menjadi reseler saya dapat menghubungi saya sendiri melalui whatsap, facebook, instgram dan email.






Komentar